Pendidikan merupakan upaya manusia untuk memperluas cakrawala pengetahuannya dalam rangka membentuk nilai, sikap, dan perilaku, sebagai upaya yang bukan saja membuahkan manfaat yang besar, pendidikan juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sering dirasakan belum memenuhi harapan. Langkah konkrit yang dilakukan STIKOM Binaniaga dalam memenuhi harapan tersebut adalah melalui 4 langkah strategis.

Pertama :  Memperbaiki input mahasiswa. Secara bertahap mahasiswa yang mendaftar harus lulus seleksi kemampuan akademis melalui wawancara, untuk memberikan gambaran akan motivasi, minat dan bakat calon mahasiswa kuliah di bidang komputer.

Kedua : Menjaga kualitas proses akademik melalui perbaikan secara terus menerus terhadap perangkat yang terlibat pada proses tersebut termasuk diantaranya kualitas dosen, kurikulum dan fasiltas pengajaran.

Ketiga : Menghasilkan output yang mudah bekerja, dengan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi individu agar tidak menggantungkan keinginan bekerja pada sektor formal atau birokat melainkan untuk menumbuhkan minat berupaya mandiri atau keinginan menciptakan lapangan kerja.

Keempat : Mendapat pengakuan formal dari lembaga resmi penjaminan mutu eksternal dan memperbaiki peringkatnya. Terutama dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Untuk mewujudkan empat langkah tersebut serta mengantisipasi perubahan lingkungan yang semakin cepat di masa yang akan datang, STIKOM Binaniaga terus berupaya untuk menata kembali instrumen-instrumen penyelenggaraan akademis, selain kurikulum yang secara terus menerus dilakukan penyesuaian, juga sarana-prasarana pendukungnya diantaranya dilakukan perbaikan dan pemutakhiran fasilitas laboratorium komputer, laboratorium bahasa Inggris, peningkatan kerjasama dengan pihak terkait lisensi dan sertifikasi profesional seperti, CISCO dan lain-lain.