Dunia teknologi berkembang sangat cepat setiap tahun dan bahkan setiap bulan, seperti perkembangan pada smartphone dan tablet baru yang trendi setiap periode waktu. Perkembangan ini sangat nyata pula dilihat di pasaran dengan kompetisi yang ketat untuk saling berdiri di posisi tertinggi. Perkembangan ini mendorong meningkatnya  permintaan yang luar biasa saat ini akan tenaga programmer dan pengembang web dengan penguasaan bahasa pemrograman yang mereka miliki. Berbagai bahasa pemrograman sekarang tersedia dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. 

Bagi pemula mungkin tidak tahu banyak tentang bahasa-bahasa pemrograman, tapi pasti bisa melakukan beberapa upaya untuk belajar tentang bahasa pemrograman tersebut dan menguasainya, setidaknya satu atau lebih bahasa pemrograman. Dengan penguasaan yang baik maka terbuka peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi dalam industri teknologi informasi. Ada 10 bahasa pemrograman yang sangat baik di tahun 2015 yang dapat dijadikan referensi untuk pengembangan diri dan berkompetisi di tengah-tengah industri teknologi informasi saat ini.

 1. Java

Java dianggap sebagai bahasa pemrograman yang sempurna bagi para pengembang dan programmer untuk dikuasai. Saat ini Java adalah bahasa pemrograman paling atas dan telah meraih posisi tertinggi bersama sistem operasi Android, meskipun beberapa tahun lalu  mengalami penurunan popularitas. Java dapat dimanfaatkan untuk aplikasi berbasis mobile, penerapan di tingkat enterprise, untuk membuat aplikasi desktop, dan untuk membangun aplikasi Android pada tablet dan smartphone.

2. PHP

Para pengembang web harus belajar tentang PHP atau Hypertext Preprocessor, dan ini adalah bahasa pemrograman yang sangat terkenal. Dengan bantuan PHP, dapat mengembangkan aplikasi web dengan sangat cepat dan mudah. PHP adalah bahasa dasar aktual  dari banyak sistem manajemen konten, misalnya, WordPress. PHP adalah benar-benar sebuah bahasa pemrograman yang berharga untuk para pengembang dan programmer.

3. JavaScript

Ketika mengembangkan sebuah web, JavaScript sangat fungsional sebagai bahasa dan sangat dapat membantu dalam menghasilkan komunikasi. Berbagai kerangka gaya dapat dimanfaatkan dengan JavaScript khususnya dalam membangun antarmuka pengguna (user interface). Dalam pengembangan web, sangat penting untuk pelajari tentang JavaScript terutama untuk membuat halaman web interaktif. JavaScript dapat diterapkan untuk animasi pada halaman web, memuat gambar, script atau objek pada halaman web, dan antarmuka pengguna yang responsif

4. Python

Untuk menjadi terampil di bahasa all-in-one, harus mulai belajar bahasa Python yang memiliki kemampuan untuk memperluas aplikasi web, analisis data, user interface, dan banyak lagi, dan berbagai framework juga tersedia untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut. Python digunakan oleh sebagian besar perusahaan-perusahaan besar yang dapat mengevaluasi data set yang besar, sehingga ini adalah kesempatan besar untuk belajar dan menjadi seorang programmer Python.

5. Objective-C

Jika tertarik pada pembangunan aplikasi untuk iOS, maka harus tahu tentang bahasa Objective-C. Pilihan yang paling disukai untuk semua pengembang web adalah Objective-C. Ketika telah belajar Objective-C, maka dapat mulai menerapkan Xcode yang dikenal sebagai alat pengembangan perangkat lunak resmi dari Apple. Dengan demikian Anda dapat dengan cepat menghasilkan aplikasi iOS yang dapat terlihat di App Store.

6. Ruby

Bahasa pemrograman populer lainnya adalah Ruby dan Ruby on Rails. Bahasa ini dapat dipelajari dengan mudah, dan juga sangat kuat dan jelas. Jika punya waktu yang terbatas dan masih ingin merealisasikan proyek software, maka pastikan bisa memanfaatkan bahasa Ruby. Bahasa pemrograman ini diterapkan secara besar-besaran untuk pemrograman web, karena ternyata menjadi pilihan ideal untuk perusahaan pemula.

7. Perl

Perl juga bahasa pemrograman yang diterima dengan baik. Menawarkan alat yang berbeda untuk berbagai hambatan seperti pemrograman sistem. Meskipun bahasa pemrograman ini agak membingungkan, tapi benar-benar salah satu yang kuat yang dapat dipelajari untuk tahun ini, dan memperbaharui pengetahuan. Perl terutama digunakan untuk web dan perluasan aplikasi web, pengembangan aplikasi desktop dan sistem administrasi, serta otomatisasi pengujian yang dapat diterapkan untuk pengujian database, aplikasi web, perangkat jaringan, dan banyak lagi.

8. C, C++ and C#

Tingkatkanlah pengetahuannya dengan belajar tentang C tahun ini yang merupakan bahasa pemrograman yang unik. Menjadi bahasa yang tertua, sepertinya harus dipelajari lebih awal ketika memulai memasuki ranah pemrograman, dan bahasa C terutama diterapkan dalam membangun software yang berbeda.

C ++ atau C plus plus sedikit lebih progresif daripada C, dan dimanfaatkan dalam pembentukan hardware game-game. C++ juga pilihan yang ideal untuk perangkat lunak desktop serta aplikasi untuk mobile. Dikenal sebagai bahasa terkuat, C ++ diterapkan dalam sistem operasi penting, seperti Windows.

Setelah belajar dua bahasa ini, dapat melanjutkan untuk mengetahui tentang bahasa C#. Ini tidak akan sulit untuk terbiasa dengan C# setelah mengetahui C dan C ++. C# sebenarnya bahasa utama untuk aplikasi dan layanan Microsoft. Sewaktu melakukan eksekusi dengan .Net dan ASP, sebetulnya kita diminta untuk menjadi akrab dengan C# secara akurat.

9. SQL

Ketika mengeksekusi database seperti Microsoft SQL Server, Oracle, MySQL, dll, yang harus disadari bahwa itu adalah bahasa pemrograman SQL atau Standard Query Language. Dari bahasa ini, kita dapat memperoleh atau mengakses data yang diperlukan dari database besar dan beragam.

10. Swift

Swift adalah cerminan dari bahasa pemrograman yang paling trendi terutama dalam memperluas aplikasi untuk produk Apple. Bahasa ini dapat dimanfaatkan untuk membangun aplikasi dengan perangkat iOS dan MAC Apple secara cepat dan sederhana. Bila tertarik untuk memperluas aplikasi iOS yang luar biasa, maka lebih baik untuk mendapatkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman Swift ini.

Oleh karena itu, bahasa-bahasa pemrograman di atas dikenal sebagai yang terbaik di tahun 2015. Mengetahui bahasa-bahasa pemrograman tersebut tentu akan membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi dalam berkarir di bidang teknologi informasi.

 Programming Language Year-wise Rank Changes

 

Programming Language Year-wise Rank Changes

 

Programming Language Year-wise Usage Percentage Changes

Programming Language Year-wise Usage Percentage Changes